Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Cara mengurangi dan menghilangkan stres

Cara mengurangi dan menghilangkan stres yang bermanfaat merupakan referensi terbaik yang sering anda cari supaya anda dapat terhingdar dari stres. Apa yang dimaksud stres? Stres merupakan suatu kondisi yang tidak normal disebabkan oleh tekanan tertentu yang melebihi kemampuan maksimum seseorang secara psikologis. Stres akan mengakibatkan psikologis anda menjadi kurang terkontrol, serta stres juga akan mengganggu sistem metabolisme tubuh yang bisa menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh anda. Stres banyak di alami oleh masyarakat yang berada di perkotaan, kemungkinan besar ini disebabkan oleh resiko dan tekanan masyarakat yang ada di perkotaan lebih tinggi daripada mereka yang berada di pedesaaan. Ada beberapa cara terbaik supaya anda terhindar dari stress, yaitu sebagai berikut:

1. Mengunyah permen karet 

Tahukah anda dengan sosok pelatih Mancester United yang baru-baru ini memutuskan untuk pension? Ya, Sir Alex Ferguson merupakan sosok pelatih yang sering mengunyah peremen karet ketika anak asuhnya sedang bertanding. Entah suatu kebetulah atau mungkin ia tahu bahwa dengan mengunyah peremen kared dapat menurunkan ketegangan yang sedang terjadi. Hal ini diperkuat dengan penelitian di Australia dan Inggris yang menyatakan bahwa dengan mengunyah peremen karet ketika mengalami suatu ketegangan sekitar 10 menit saja, maka itu mampu mengurangi rasa cemas dan menurunkan kadar hormon cortisol yang menyebabkan ketegangan hingga 18 persen pada pada air liur yang digunakan untuk mengunyah peremen karet tersebut.


2. Minum teh hitam 

Cara mengurangi dan menghilangkan stres dapat juga dilakukan dengan mengkonsumsi teh hitam. Seperti yang telah anda ketahui bahwa teh hitam sangat bermanfaat dalam mengurangi rasa stres yang sedang diderita oleh anda. Karena itu biasakanlah untuk minum teh hitam sebanyak empat cangkir sehari, dan lakukanlah kebiasaan tersebut selama enam minggu. Hasilnya dapat anda rasakan bahwa anda akan mampu mengatasi stress dengan lebih cepat. Tidaklah heran University College London melakukan penelitian terhadap the hitam tersebut yang hasilnya menyatakan bahwa senyawa kimia dan antioksidan yang terkandung dalam teh hitam akan membuat anda merasa santai sehingga saraf otak anda tidak tegang.

3. Melakukan Pijat

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Neuroscience menyatakan bahwa ketika anda melakukan pijat sendiri dua kali dalam seminggu, maka hal itu mampu menurunkan tingkat stres anda. Anda bisa melakukan pijat itu selama durasi 15 menit saja, jika anda malas melakukannya, coba lakukan hal itu secara bergantian dengan teman atau istri/suami anda.

4. Mendengarkan Musik 

Hormon stres yang ada pada tubuh anda ternyata bisa diluluhkan oleh musik yang sedang anda dengarkan atau bahkan mainkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian dari Journal of Advanced Nursing yang menyatakan bahwa pasien yang akan menjalani operasi itu akan sedikit lebih tenang ketika mereka diperdengarkan terlebih dahulu music yang mereka suka selama 30 menit. Hormone endorphin yang akan merespon music yang anda dengarkan akan memacu anda untuk lebih tenang dan bahagia sehingga ketegangan akan berkurang. Itulah beberapa cara yang dapat mengurangi dan menghilangkan stress.

Artikel Terkait: Cara mengurangi dan menghilangkan stres

Description: Cara mengurangi dan menghilangkan stres Rating: 5.0 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Cara mengurangi dan menghilangkan stres
Comments
0 Comments

{ 0 komentar... read them below or add one }