Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Membangun Motivasi Kerja Karyawan


Membangun Motivasi Kerja Karyawan – Kesuksesan sebuah perusahaan tidak bisa lepas dari kerja keras karyawannya. Hal ini harus kita akui karena karyawan adalah penggerak motor utama perusahaan itu dapat berjalan. Iklim yang tidak sehat di sebuah perusahaan bisa mengakibatkan hilangnya motivasi kerja karyawan. Jika karyawan cinta dengan pekerjaannya maka motivasi kerja akan tumbuhsemakin tinggi dan produktifitas akan naik. Demikian juga sebaliknya, karyawan yang bekerja tanpa kenyamanan dan kecintaan, tidak memiliki motivasi kerja yang tinggi dan tentu saja produktifitasnya akan menurun. Namun kecintaan terhadap pekerjaan dan perusahaan tidak bisa dipaksakan. Kecintaan dan motivasi kerja karyawan dapat kita bangun dengan cara seperti berikut:



1. Memberikan Fasilitas yang Layak

Memberi fasilitas yang layak bukan berarti memberi fasilitas mewah yang berlebihan. Memberi fasilitas yang layak yaitu memberikan sarana-sarana sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Mungkin anda bisa menunda atau mengurangi fasilitas demi mendapatkan keuntungan yang tinggi namun kurangnya fasilitas kantor akan menghambat kerja karyawan dan jika lambat laun dibiarkan maka akan mengendorkan Motivasi kerja karyawan.



2. Lakukan sistem kompetisi sehat,  Kurangi melakukan taktik adu domba

Disadari atau tidak terkadang pimpinan secara sadar dan tidak sadar melakukan taktik adu domba terhadap sesama pegawainya. Awalnya semua ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat semangat dengan adanya persaingan, namun jika dilakukan dengan cara yang salah justru akan tercipta iklim kerja yang tidak sehat dan anda hanya akan mendapatkan pegawai yang pandai menjilat bukan yang pandai bekerja. Dengan iklim yang tidak sehat ini otomatis akan mengendurkan Motivasi kerja karyawan, dan percayalah ini bisa menghancurkan perusahaan anda.

Menggunakan sistem penilaian yang transparan dan fairplay akan lebih bisa meningkatkan motivasi kerja karyawan.



3. Hargai Kontribusi Karyawan

Akuilah bahwa tidak semua atasan adalah seorang pemimpin, banyak kita tenui seorang atasan yang sanggup memerintah, memaksa tanpa mau tahu dan memberikan problem solving terhadap masalah dan kendala yang dihadapi bawahannya. Dan yang terburuk adalah setiap kesalahan pertanggung jawabannya akan diminta kepada bawahan, namun ketika ada kesuksesan dia yang pasang badan. Sudah dipastikan hal ini akan membuat motivasi kerja karyawan anda terjun bebas.

Dengan menghargai kerja dan kesuksesan karyawan dengan reward atau setidaknya pengakuan, bisa membuat karyawan lebih termotivasi dalam bekerja.



4. Menciptakan suasana kerja yang bersahabat dan memiliki impian bersama.

Suasana kerja yang bersahabat dan menyenangkan akan membuat karyawan merasa nyaman, tentu saja hal ini akan membuat semangat kerja semakin bertambah. Ditambah lagi dengan adanya impian kesuksesan bersama, membuat mereka tidak merasa bekerja sendiri namun seolah-olah teman seperjuangan.

Artikel Terkait: Membangun Motivasi Kerja Karyawan

Description: Membangun Motivasi Kerja Karyawan Rating: 5.0 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Membangun Motivasi Kerja Karyawan
Comments
0 Comments

{ 0 komentar... read them below or add one }